ANALISA PENGARUH LINGKUNGAN KERJA
TERHADAP KINERJA KARYAWAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Lingkungan kerja merupakan suatu faktor yang secara
tidak langsung mempengaruhi kinerja pegawai. Lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa
aman dan memungkinkan para pegawai untuk dapat berkerja optimal. Lingkungan
kerja mempunyai pengaruh
langsung terhadap pegawai dalam menyelesaikan tanggung jawab kepada organisasi. Jika pegawai menyenangi
lingkungan kerja dimana dia bekerja, maka pegawai tersebut akan betah di tempat
kerjanya untuk melakukan aktivitas dan menyelsaikan tugas – tugasnya.
Lingkungan
kerja dikatakan baik atau sesuai apabila manusia dapat melaksanakan kegiatan
secara optimal, sehat, aman, dan nyaman. Kesesuaian lingkungan kerja dapat
dilihat akibatnya dalam jangka waktu yang lama.
Menurut
Bambang (1991:122), lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi kinerja seorang pegawai. Seorang pegawai yang bekerja di
lingkungan kerja yang mendukung dia untuk bekerja
secara optimal akan menghasilkan kinerja yang baik, sebaliknya jika seorang
pegawai bekerja dalam lingkungan kerja yang tidak memadai dan tidak mendukung
untuk bekerja secara optimal akan membuat pegawai yang bersangkutan menjadi
malas, cepat lelah sehingga kinerja pegawai tersebut akan rendah.
Dari beberapa pendapat di atas dapat
disimpulkan bahwa lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang ada disekitar
pegawai pada saat bekerja,
baik berbentuk fisik atau non fisik, langsung atau tidak langsung, yang dapat
mempengaruhi dirinya dan pekerjaannya saat bekerja.
Lingkungan
kerja bermanfaat untuk menciptakan gairah kerja, sehingga produktivitas dan
prestasi kerja meningkat. Sementara itu, manfaat yang diperoleh karena bekerja
dengan orang-orang yang termotivasi adalah pekerjaan dapat terselesaikan dengan
tepat, yang artinya pekerjaan diselesaikan sesuai standar yang benar dan
dalam skala waktu yagn ditentukan.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Rumusan Masalah yang akan dibahas pada
Tugas Akhir ini adalah :
- Apa saja yang menyebabkan lingkungan kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan?
- Bagaimana solusi untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik bagi karyawan?
- Bagaimana kinerja karyawan jika lingkungan kerjanya tidak membuat para karyawan merasa nyaman selama bekerja.
- Apa dampak yang akan terjadi bila lingkungan kerja yang tidak baik berlangsung dalam jangka yang cukup lama?
1.3 TUJUAN PENULISAN
Tujuan
yang akan diperoleh dari penulisan Tugas Akhir ini adalah :
- Mengetahui hal apa yang bisa menyebabkan burukya lingkungan kerja.
- Mendapatkan solusi untuk memperbaiki lingkungan kerja yang kurang baik dan efisien.
- Mengetahui dampak negative yang ditimbulkan dari buruknya lingkungan kerja dalam suatu perusahaan.
- Mendapatkan solusi untuk memperbaiki penyebab kurang nyamannya karyawan karena lingkungan kerja yang kurang baik dan mencegah supaya dampak buruk dari lingkungan kerja tidak berdampak buruk bagi kinerja karyawan lebih lama lagi.
1.4 BATASAN MASALAH
Agar
masalah yang dibahas dalam Tugas Akhir ini tidak terlalu luas dan menimbulkan
kesan yang tidak sesuai dengan materi yang akan dibahas, maka penulis membatasi
masalah yang akan dibahas pada tugas akhir ini, yaitu hanya akan membahas
mengenai lingkungan kerja yang ada di dalam suatu perusahaan dan tidak termasuk
lingkungan kerja di luar perusahaan.
1.5
SISTEMATIKA PENULISAN
Agar mempermudah bahasan dan analisa, maka penulisan laporan
disusun berdasarkan suatu sistematika penulisan yang secara garis besar di
gambarkan sebagai berikut:
BAB I: PENDAHULUAN
Bab
ini akan membahas dan menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah,
tujuan penelitian, batasan masalah dan sistematika penulisan dari suatu Tugas
Akhir.
0 komentar:
Posting Komentar