Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

RSS
Container Icon

BAB 1 PENDAHULUAN


ANALISA PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
        Lingkungan kerja merupakan suatu faktor yang secara tidak langsung mempengaruhi kinerja pegawai. Lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa aman dan memungkinkan para pegawai untuk dapat berkerja optimal. Lingkungan kerja mempunyai pengaruh langsung terhadap pegawai dalam menyelesaikan tanggung jawab kepada organisasi. Jika pegawai menyenangi lingkungan kerja dimana dia bekerja, maka pegawai tersebut akan betah di tempat kerjanya untuk melakukan aktivitas dan menyelsaikan tugas – tugasnya. Lingkungan kerja dikatakan baik atau sesuai apabila manusia dapat melaksanakan kegiatan secara optimal, sehat, aman, dan nyaman. Kesesuaian lingkungan kerja dapat dilihat akibatnya dalam jangka waktu yang lama.
      Menurut Bambang (1991:122), lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seorang pegawai. Seorang pegawai yang bekerja di lingkungan kerja yang mendukung dia untuk bekerja secara optimal akan menghasilkan kinerja yang baik, sebaliknya jika seorang pegawai bekerja dalam lingkungan kerja yang tidak memadai dan tidak mendukung untuk bekerja secara optimal akan membuat pegawai yang bersangkutan menjadi malas, cepat lelah sehingga kinerja pegawai tersebut akan rendah.
        Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang ada disekitar pegawai pada saat bekerja, baik berbentuk fisik atau non fisik, langsung atau tidak langsung, yang dapat mempengaruhi dirinya dan pekerjaannya saat bekerja. Lingkungan kerja bermanfaat untuk menciptakan gairah kerja, sehingga produktivitas dan prestasi kerja meningkat. Sementara itu, manfaat yang diperoleh karena bekerja dengan orang-orang yang termotivasi adalah pekerjaan dapat terselesaikan dengan tepat,  yang artinya pekerjaan diselesaikan sesuai standar yang benar dan dalam skala waktu yagn ditentukan.

1.2 RUMUSAN MASALAH
      Rumusan Masalah yang akan dibahas pada Tugas Akhir ini adalah :
  1. Apa saja yang menyebabkan lingkungan kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan? 
  2.  Bagaimana solusi untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik bagi karyawan? 
  3.  Bagaimana kinerja karyawan jika lingkungan kerjanya tidak membuat para karyawan merasa nyaman selama bekerja. 
  4. Apa dampak yang akan terjadi bila lingkungan kerja yang tidak baik berlangsung dalam jangka yang cukup lama?
1.3 TUJUAN PENULISAN
      Tujuan yang akan diperoleh dari penulisan Tugas Akhir ini adalah :
  1. Mengetahui hal apa yang bisa menyebabkan burukya lingkungan kerja. 
  2.  Mendapatkan solusi untuk memperbaiki lingkungan kerja yang kurang baik dan efisien. 
  3. Mengetahui dampak negative yang ditimbulkan dari buruknya lingkungan kerja dalam suatu perusahaan.
  4. Mendapatkan solusi untuk memperbaiki penyebab kurang nyamannya karyawan karena lingkungan kerja yang kurang baik dan mencegah supaya dampak buruk dari lingkungan kerja tidak berdampak buruk bagi kinerja karyawan lebih lama lagi.
1.4 BATASAN MASALAH
        Agar masalah yang dibahas dalam Tugas Akhir ini tidak terlalu luas dan menimbulkan kesan yang tidak sesuai dengan materi yang akan dibahas, maka penulis membatasi masalah yang akan dibahas pada tugas akhir ini, yaitu hanya akan membahas mengenai lingkungan kerja yang ada di dalam suatu perusahaan dan tidak termasuk lingkungan kerja di luar perusahaan.
1.5 SISTEMATIKA PENULISAN
      Agar mempermudah bahasan dan analisa, maka penulisan laporan disusun berdasarkan suatu sistematika penulisan yang secara garis besar di gambarkan sebagai berikut:

BAB I: PENDAHULUAN

     Bab ini akan membahas dan menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, batasan masalah dan sistematika penulisan dari suatu Tugas Akhir.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar